Saturday 22 August 2015

laporan RANCANGAN PEMBUATAN GAME SUPER MARIO ALL STAR




LAPORAN
RANCANGAN PEMBUATAN GAME SUPER MARIO ALL STAR




 

                              


hendara saputra   : (1304411067)
violy satrio           : (1304411067)
kelas                     : ti. 3f

Fakultas teknik komputer
Universitas cokroaminoto palopo
Tahun akademik 2014

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sebagai tugas mata kuliah teori bahasa dan aotomata
Kami telah menyusun laporan ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Namun tentunya sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Harapan kami, semoga bisa menjadi koreksi di masa mendatang agar lebih baik lagi dari sebelumnya.
Tak lupa ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Dosen Pembimbing atas bimbingan, dorongan dan ilmu yang telah diberikan kepada kami. Sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya dan insyaAllah sesuai yang kami harapkan. Dan kami ucapkan terimakasih pula kepada rekan-rekan dan semua pihak yang terkait dalam penyusunan laporan ini.
Pada dasarnya laporan yang kami sajikan ini khusus mengupas tentang Manusia dan masyarakat .Untuk lebih jelas simak pembahasannya dalam makalah ini.
Mudah-mudahan makalah ini bisa memberikan sumbang pemikiran sekaligus pengetahuan bagi kita semuanya. Amin.




Penyusun






DAFTA ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................... i
KATA PENGANTAR ......................................................................................... ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang .......................................................................................... 1
1.2 Batasan pada Game ................................................................................... 2
BAB II KONSEP GAME ................................................................................... 3
2.1 Flowchart ................................................................................................... 3
2.2 Game Play.................................................................................................. 4
BAB III PERANCANGAN................................................................................ 5
3.1 Game Technology ...................................................................................... 5
3.2 Spesifikasi Sistem yang dibutuhkan........................................................... 5
3.2 Rancangan Output...................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 9



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1                LATAR BELAKANG
Seiring perkembangan teknologi informasi diberbagai bidang, baik dari sisi perangkat  lunak  maupun  dari  sisi  perangkat  keras  khususnya  komputer  bidang multimedia. Seiring bertambahnya kebutuhan manusia maka  teknologi  juga berkembang untuk tujuan pembelajaran serta hiburan. Salah satu bentuknya adalah dalam dunia game (permainan) berbasis komputer. Baik itu game untuk orang dewasa maupun anak-anak. Khususnya bagian kalangan anak-anak, game merupakan salah satu sarana hiburan yang menarik karena berbasis visual.
Game adalah aplikasi penunjang yang banyak di pakai untuk mengisi
waktu luang ataupun untuk mengasah kemampuan otak. Game itu bermacam-
macam  jenisnya  sesuai dengan apa  yang di suguhkan dalam  Game tersebut.
Dengan memainkan sebuah Game kita tanpa sadar akan merasakan perasaan yang
menyenangkan yang diakibatkan dari sebuah rasa jenuh, lelah dan rasa ingin
bersantai, demikian dari rasa tersebut akan timbul keinginan membuat perasaan
menjadi lebih baik, bermain
Game salah satunya. Banyak Game yang sebenarnya
menjadikan kegiatan tersebut  menjadi sebuah kebiasaan atau menjadi sebuah.
karakter manusia, Game itu sendiri bisa berubah menjadi menyita waktu bukan hanya waktu luang bahkan waktu belajar, bekerja serta waktu untuk beraktifitas lainnya. Jenis-jenis   Game   dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipe antara lain yaitu Action Games, biasanya meliputi tantangan fisik, geme lompat maju (super Mario all star), balapan, dan beberapa konflik   lainnya.
Perkembangan teknologi khususnya dalam dunia game, seringkali dimanfaatkan sebagai sarana hiburan bagi kalangan anak-anak bahkan orang dewasa. Belakangan ini banyak pula game-game dengan menggunakan teknologi multimedia dan dengan game super Mario all star di dunia maya. Game-game dengan menggunakan teknologi multimedia relatif berukuran kecil dan tidak memerlukan spesifikasi hardware yang  tinggi, sehingga bisa dimainkan di komputer dengan spesifikasi rendah.


1.2                BATASAN MASALAH
Pada penelitian ini batasan masalah yang diangkat sebagai berikut :
1.  Gameplay yang dibuat sejenis game super mario all star
2.  Game ini hanya bisa dimainkan pada mode 1 player saja
3.  tidak bisa di gunakan untuk bermainan onalain


























BAB II
KONSEP GAME
2.1                   FLOWCHART
Perancangan flowchart game super Mario all star


 


















                                                                                   









2.2                   GEME PLAY

Beberapa aturan dalam game super mario all star, adalah sebagai berikut :
1.1    Permainan ini terdiri dari 8 tingkatan dengan 4 sub tingkat masing-masingnya.
1.2     Musuh-musuh dalam permainan ini dihancurkan dengan menginjak sambil melompat.
1.3    Selama dalam permainan, Mario akan mendapat koin dan bonus lain dengan menjedotkan balok bertanda tanya.
1.4     Untuk menambah tenaga Mario, pemain harus mendapatkan jamur
berwarna merah. Kekuatan Mario juga akan meningkat dan mampu
melontarkan proyektil bila memperoleh bungan berapi.
1.5    Awalnya pemain hanya diberi 3 kesempatan. Namun kesempatan akan
bertambah  bila  pemain  memperoleh  jamur  bewarna  hijau  yang
biasanya tersebunyi pada tempat tertentu.


















BAB III
PERANCANGAN
3.1                   GAME TECHNOLOGY
sistem pendukung yang akan di gunakan dalam perancangan pembuatan game super Mario all star:
Ø  Dari segi sistim operasi:
- widows,7/xp
- android
- linux
- java
Ø  Software pendukung yang di gunakan:
- corel draw untuk merancang tampilan game nya
- paint untuk mengedit rancangan tampilan game
- Audio Technica ATH M50X untuk audio game
- microsoft visual basic untuk perancangan game
Ø  Dari segi bahasa pemograman :
-  bahasa pemograman Microsoft visual basic untuk pembuatan game super Mario all star

3.2                   SPESIFIKASI SISTEM YANG DIBUTUHKAN
Ø Ram (random acces memory) minimal 1 GB
- keyboard
- mouse
- hardisk
- motherboard
- prosesor
- vga card

Ø Media yang di perlukan
- Laptop/computer
-  stick game


3.3                   RANCANGAN OUTPUT
1.1  tampilan awal


1.2  tampilan game mulai


1.3  tampilan perjalan ke berikutnya


 














 















                     




 











1.4  tampilan akhir permainan



 



















DAFTAR PUSTAKA
Ahmad B S. (2004). The Educational Philosophy of Al Syaikh Muhammad Abduh. Kuala Lumpur: ISTAC
Adi nugroho, 2004. Analisis dan perancangan game. Bandung
http://masbadar.com/2009/06/05/super-mario
http://darndiri .or.id/file/nurlailaunairj.pdf

 

3 comments:

  1. klo laporan ini? sdh diterima kah sma pak fajar?

    ReplyDelete
  2. Haii.. untuk source code game nya sendiri apakah bisa dipublis? Terimakasih

    ReplyDelete
  3. gan gambarnya kok gak ada yah?

    ReplyDelete