Saturday 29 August 2015

makalah audio

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan dapat digunakan juga untuk membuat website.Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk teks, audio, grafik, animasi dan video. Multimedia dapat didefinisikan menjadi dua kategori yaitu Multimedia Communication dan Multimedia Content Production.
Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan atau menyiarkan atau mengkomunikasikan materi-materi periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dan lain-lain.
Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, dan lain-lain. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan beberapa media dengan cara yang baru untuk tujuan berkomunikasi. Salah satu medianya adalah suara dan audio yang akan dibahas didalam makalah ini.

B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang dapat diambil dari makalah multimedia suara dan audio ini adalah
1.      Pengertian suara dan audio ?
2.      Bagaimana konsep dasar suara dan audio ?
3.      Jenis-jenis suara dan audio?

C.     Tujuan
Tujuan yang bisa didapat dari penulisan makalah ini adalah
1.      Untuk mengetahui perbedaan suara dan audio.
2.      Untuk mengetahui konsep dasar suara dan audio.
3.      Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis dari suara dan audio.





















BAB II
PEMBAHASAN
A.  Suara
1.      Pengertian suara
Suara adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium (dapat berupa zat cair, padat, maupun gas). Kebanyakan suara merupakan gabungan dari berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang di ukur dalam satuan Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel.
Urutan terjadinya suara :
BENDA BERGETAR à PERBEDAAN TEKANAN UDARA à MELEWATI MEDIUM (GELOMBANG) à PENDENGAR
2.      Konsep dasar suara
Suara dihasilkan oleh getaran dari suatu benda. Selama benda bergetar, akan terjadi perbedaan tekanan udara disekitar benda tersebut. Pola osilasi yang terjadi dinamakan ‘gelombang’. Gelombang mempunyai pola yang sama yang berulang pada interval tertentu yang disebut sebagai ‘periode’. Suara dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a.       Suara periodik
Suara yang terjadi secara kontinu, contohnya adalah instrumen musik, kicauan burung, dan lain sebagainya.
b.      Suara non-periodik
Suara yang tidak terjadi secara kontinu, contohnya adalah batuk, percikan ombak, dan lain sebagainya.

3.      Keterkaitan suara
Suara sangat berkaitan dengan :
a.       Frekuensi
Frekuensi adalah banyaknya periode dalam satu detik. Satuan Hertz (Hz). Berdasarkan frekuensi, suara dibagi menjadi :
-          Infrasound 0 Hz – 20 Hz
-          Pendengaran manusia 20 Hz – 20 KHz
-          Ultrasound 20 KHz – 1 GHz
-          Hypersound 1 GHz – 10 THz
Manusia membuat suara dengan frekuensi 50 Hz – 10 KHz. Sinyal suara musik memiliki frekuensi 20 Hz – 20 KHz. Sistem multimedia menggunakan suara yang berada pada range pendengaran manusia. Suara diluar range pendengaran manusia dapat dikatakan sebagai ‘NOISE’ (getaran yang tidak teratur dan tidak berurutan dalam berbagai frekuensi dan tidak dapat didengar oleh manusia).
b.      Amplitudo
Amplitudo adalah tinggi rendahnya gelombang atau keras tidaknya suatu bunyi. Satuan desibel (db). Suatu bunyi dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 db dan pada ukuran 130 db akan membuat hancurnya gendang telinga manusia.
c.       Velocity
Velocity adalah kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar. Satuan meter/detik (m/s). Pada udara kering dengan suhu 28o C kecepatan rambat suara sekitar 343 m/s.

4.      Suara analog dan suara digital
a.       Suara analog
Suara asli di alam merambat seperti gelombang dengan kecepatan 750 mph (pada tingkat laut). Suara gelombang ini bervariasi dalam tingkatan tekanan suara atau amplitudo (tekanan suara di ukur menggunakan satuan desibel) dan dalam pitch atau frekuensi. Jumlah waktu yang diperlukan untuk terjadinya suatu getaran atau gelombang disebut periode (T). Sedangkan jumlah gelombang yang terjadi dalam satu detik dinamakan frekuensi (f) dengan satuan Hz.
b.      Suara digital
Pada saat ini komputer sudah terintegrasi dengan perangkat yang dapat membangkitkan sinyal suara dengan sangat baik. Sinyal suara pada perangkat komputer merupakan hasil dari representasi suara analog atau suara yang sesungguhnya (melalui rekaman) yang disimpan dalam kode-kode digital komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar, berjangka panjang dan berjaringan sangat luas.

B.  Audio
1.      Pengertian audio
Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga bisa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan atau pengangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lain sebagainya.

2.      Konsep dasar audio
Audio merupakan representasi dari suara analog (suara yang sebenarnya) menjadi suara digital di dalam komputer melalui rekaman yang disimpan dalam kode - kode digital di dalam komputer dalam berbagai format yang ada.

3.      Macam – macam audio
a.       Audio visual
Perangkat sound system yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home teather, dan lain sebagainya.
b.      Audio streaming
Suatu istilah yang digunakan untuk mendengarkan suatu siaran secara langsung melalui internet. Berbeda dengan cara yang lain, yakni men-download file lalu menjalankannya di komputer, dengan menggunakan streaming kita bisa mendengarkan langsung tanpa perlu lama menunggu dengan men-download terlebih dahulu. Ada beberapa macam audio streaming seperti Winamp (mp3), RealAudio (ram), dan radio.
c.       Audio response
Suara yang dihasilkan oleh komputer. Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telefon.

d.      Audio oscillator
Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.
e.       Audio modem riser
Sebuah kartu plug-in untuk motherboard intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi – fungsi analog berupa kode – kode yang diperlukan untuk operasi modem dan atau audio.

4.      Format audio
a.       AAC (Advance Audio Codec)
Merupakan format audio yang dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group (Fraunhofer Institute, Dolby, Sony, Nokia, dan AT&T) untuk menggantikan MP3. Ini perluasan dari MPEG-2 standard dan mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan MP3, kompresi yang lebih efisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik.
b.      AIFF (Audio Interchange File Format)
Merupakan format file yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan platform Unix.
c.       MP3 (MPEG-1/2 Audio Layer 3)
Merupakan format audio yang paling populer. Menggunakan algoritma audio lossy compression untuk mengurangi ukuran file, sambil memproduksi kembalifile aslinya. MP3 dikembangkan di German Fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG (lihat format video) dan dapat berjalan di semua platform.
d.      RA (Real Audio)
Merupakan codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya dikembangkan untuk transmisi bandwith rendah. Dapat digunakan untuk streaming informasi audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih didownload. RealAudio banyak digunakan oleh statiun radio untuk streaming program- program mereka melalui internet secara real-time.
e.       WAV (Waveform Audio Format)
Merupakan standar audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, WAV dan juga merupakan salah satu format audio yang dipergunakan di dalam ponsel dalam format ini biasanya berukuran besar karena tidak dikompresi.
f.       WMA (Window Media Audio)
Merupakan salah satu format audio yang dikembangkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Perangkat lunak dan perangkat keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format MP3.
g.      MIDI (Musical Instrument Digital Audio)
Merupakan file suara yang hanya terdiri dari bunyi alat musik. Format audio yang satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atar perangkat elektronik yang lainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.

5.      Macam – macam software audio
a.       Adobe Audition CS
Merupakan standart penyunting suara yang profesional untuk memproduksi file suara. Seperti halnya Adobe Photoshop, software ini memiliki banyak fitur editing yang bisa digunakan.
b.      Sound Forage
Merupakan sebuah software audio digital dari Sony Creative Software. Software ini ditujukan untuk para profesional atau semi-profesional dalam meng-edit file audio. Di sini dapat melakukan edit, record, encode suatu lagu dalam format WAV, AIFF, MP3, dan lain – lain. Dapat pula menambah efek suara tertentu, memotong lagu, dan lain – lain.
c.       Cool Edit Pro
Sama seperti kedua software di atas, software ini memiliki fitur – fitur yang cukup lengkap untuk digunakan.
d.      Gold Wave
Merupakan software yang berfungsi untuk editing audio. Software ini dapat melakukan pengeditan audio yang umum (menambah efek, konverter, merger file, dan pembaca CD). Selain fitur – fitur yang terdapat seperti ketiga software di atas, Gold Wave memiliki fitur advance editing antara lain noise reduction, pengaturan volume dan equalizer, serta penambahan efek echo. Software ini sangat ideal bagi orang yang suka mengedit audio.
e.       WavePad Sound Editor
Software ini sangat cocok bagi pemula yang ingin mencoba untuk mengedit audio karena software ini sangat mudah digunakan untuk orang awam sekalipun dibandingkan dengan software yang lainnya.




























BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Suara adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium (dapat berupa zat cair, padat, maupun gas). Kebanyakan suara merupakan gabungan dari berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang di ukur dalam satuan Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel.

2.      Suara dihasilkan oleh getaran dari suatu benda. Selama benda bergetar, akan terjadi perbedaan tekanan udara disekitar benda tersebut. Pola osilasi yang terjadi dinamakan ‘gelombang’. Gelombang mempunyai pola yang sama yang berulang pada interval tertentu yang disebut sebagai ‘periode’.

3.      Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga bisa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan atau pengangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lain sebagainya.

4.      Audio merupakan representasi dari suara analog (suara yang sebenarnya) menjadi suara digital di dalam komputer melalui rekaman yang disimpan dalam kode - kode digital di dalam komputer dalam berbagai format yang ada.




BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

0 comments:

Post a Comment